Minggu, 06 Desember 2009

Bhisama Bali

BHISAMA BALI

TENTANG PERUBAHAN IKLIM



DR Ketut Gede Dharma Putra

Universitas Udayana bali

Saat ini, masyarakat dunia sedang menghadapi masalah akibat terjadinya peningkatan suhu udara rata-rata permukaan bumi sebagai akibat aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan. Masyarakat dunia akan segera dihadapkan pada berbagai bencana sebagai akibat langsung perubahan iklim seperti peningkatan intensitas curah hujan yang berpotensi menimbulkan banjir dan tanah longsor. Perubahan pola cuaca secara ekstrim yang menimbulkan gelombang panas dan hujan lebat yang memicu terjadinya badai siklon tropis yang dasyat. Ketahanan pangan akan terancam yang berakibat pada peningkatan kematian akibat kekurangan makanan. Berbagai spesies mahluk hidup akan mengalami kepunahan yang berakibat pada terganggunya sistem rantai makanan. Penyebaran penyakit akan meluas ke seluruh wilayah dunia secara cepat. Ketersediaan sumber air akan mengalami gangguan yang berdampak langsung pada kehidupan manusia dan mahluk lainnya. Berbagai dampak ikutan dibidang sosial, ekonomi dan politik akan menjadi semakin membesar yang akan semakin mengancam keberlangsungan kehidupan masyarakat dan peradaban manusia di muka bumi ini.

Mencermati berbagai permasalah yang akan terjadi akibat perubahan iklim tersebut, maka Kolaborasi Bali Climate Change, dengan ini menyatakan BHISAMA BALI tentang PERUBAHAN IKLIM yang berisi pesan dan ajakan untuk melakukan:

  1. Perubahan perilaku dan gaya hidup boros menjadi hemat dan efisien.
  2. Menanam dan merawat pepohonan sebanyak-banyak pada setiap kesempatan
  3. Penghematan sumber daya alam untuk semua aktivitas kehidupan.
  4. Pengurangan penggunaan energi
  5. Hindari mengkonsumsi barang-barang yang dibuat dengan proses yang tidak ramah lingkungan
  6. Melakukan pengelolaan limbah padat dan cair secara konsisten
  7. Mengajak setiap orang yang dikenal untuk melakukan kegiatan yang berwawasan lingkungan
  8. Memberikan contoh nyata kepada orang lain dalam perilaku yang ramah lingkungan
  9. Menjadi atau memilih pemimpin yang berwawasan lingkungan.

Demikianlah BHISAMA BALI tentang PERUBAHAN IKLIM ini disampaikan, agar dilaksanakan secara konsisten oleh setiap orang yang mengetahuinya. Semoga bumi ini selamat dari segala bencana akibat perubahan iklim.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar